Pengertian manusia unggul

Pengertian manusia unggul :
Manusia Unggul

Era globalisasi bisa dikatakan era yang bersifat horizontal, inklusif dan sosial. Era yang telah diisi dengan keberagaman keahlian manusia dan kompleksitas permasalahan sosial. Era yang penuh persaingan dan menyeluruh pada semua aspek kehidupan masyarakat. Menyambut era globalisasi membutuhkan usaha yang tidak mudah. Pasalnya, persaingan yang kompetitif akan menyertai setiap detik kehidupan. Oleh karena itu, setiap orang harus membekali diri dalam rangka memenangkan kompetisi di era globalisasi sekarang ini.

Kompetisi tidak hanya terjadi di lingkungan kerja yang bersifat kekantoran, tetapi juga di dunia bisnis, khususnya wirausaha atau lebih populer dengan kata entrepreneurship. Kompetisi yang sehat akan menghasilkan hasil yang baik. Sebaliknya kompetisi yang tidak sehat akan memperburuk suatu keadaan. Di lingkungan kerja, kompetisi umumnya terjadi dengan sesama karyawan disuatu kantor. Kompetisi horizontal dalam sebuah kantor merupakan persaingan dalam rangka mencari kedudukan yang lebih tinggi. Dalam dunia bisnis, kompetisi seringkali terjadi karena persaingan antar produk dan pemasaran.

Manusia unggul adalah manusia yang mempunyai berbagai kelebihan. Keunggulannya tidak hanya memiliki satu kelebihan. Melainkan memiliki berbagai skill yang dibutuhkan. Manusia unggul ini selalu berorientasi menjadi yang terdepan. Dan, Manusia unggul pastinya berbeda dengan manusia pada umumnya. Perbedaan manusia unggul umumnya terletak pada kemampuan yang dimiliki baik skill dalam menyelesaikan segala persoalan dengan tepat dan cepat maupun kemampuan dalam hal berinovasi menciptakan sesuatu yang baru.

Menurut saya manusia unggul itu mempunyai kriteria :
1. Melaksanakan amal ibadah dengan baik
2. Memiliki keimanan yang utuh
3. Memiliki akhlak manusia, yang terdiri dari amanah, ikhlas, bersyukur, sabar dan adil
4. Dipercaya saat melakukan sesuatu
5. Mempunyai pemikiran yang luas dan berani bertanggung jawab
6. Mempunyai pengetahuan yang tinggi
7. Kepekaan sosial tinggi
8. Berani mengambil risiko
9. Daya tahan tinggi
10. Memotivasi dirinya untuk sukses yang tinggi

Manusia unggul ini dapat dibentuk dengan kondisi lingkungan, serta porsi pendidikan di tempatnya tinggalnya dan pola pikir emosional yang seseorang juga ikut menentukan bagaimana proses perkembangannya. Manusia unggul itu seperti nya akan berpikir terlebih dahulu dalam mendalami sebuah budaya dan bagaimana cara memanfaatkan budaya tersebut. Daerah asal seorang akan berpengaruh terhadap manusia unggul, coba bedakan orang di kota dengan orang di desa. Orang di desa berpikir lebih cenderung untuk bangun pagi dan melakukan aktivitas nya pada pagi hari, berbeda dengan orang kota kebanyakan mereka lebih memilih tidur dan berangkat dengan waktu yang mepet. 

Manusia dan kebudayaan adalah sesuatu yang saling berkaitan satu dengan lainnya yang tidak dapat terpisahkan dalam interaksi manusia dengan lingkungannya. Manusia dan kebudayaan saling berinteraksi secara timbal balik yang memberikan banyak pengaruh baik maupun buruk terhadap kehidupan manusia dengan lingkungannya, Secara sederhana hubungan antara manusia dan kebudayaan adalah manusia sebagai perilaku kebudayaan, dan kebudayaan merupakan obyek yang dilaksanakan manusia. Dalam ilmu sosiologi manusia dan kebudayaan dinilai sebagai dwitunggal, yang artinya bahwa walaupun keduanya berbeda tetapi keduanya merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya. Kebudayaan juga disebut sebagai superorganic yaitu sebagai sesuatu yang secara turun-temurun diwariskan dari satu generasi ke generasi lainnya. Oleh karena itu peran manusia, keluarga, dan unsur budaya sangat penting dalam membentuk manusia unggul. : Pengertian manusia unggul

Pengertian manusia unggul

Related Posts:

0 Response to "Pengertian manusia unggul"

Posting Komentar