Penjelasan dan Sejarah Internet di Dunia

Penjelasan dan Sejarah Internet di Dunia :


          Internet yg dipakai sehari sehari oleh kita telah di ciptakan oleh Departemen Pertahanan Amerika serikat dan hingga saat ini pun Internet masih di pakai oleh orang orang dan orang awam sekalipun.

A. Sejarah Internet
          Interenet di ciptakan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 dan dinamai dengan proyek ARPA yang kala itu disebut dengan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) dimana kala itu mereka mendemonstrasikannya melalui hardware dan software komputer berbasis UNIX. Tujuannya di bangun proyek ini adalah untuk keperluan militer.
          Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari kebocoran informasi pusat.
          Pada kala itu hanya ARPANET hanya menjadi 1 bagian yang biasa disebut dengan MILNET untuk keperluan militer dan ARPANET baru yang lebih kecil untuk keperluan non militer seperti, universitas universitas. Gabungan kedua jaringan akhirna dikenal dengan nama DARPA internet yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
B. Pengertian Internet

          Internet adalah Interconnection Networking atau sebuah jaringan global dari sebuah jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket data antara (Packet Switching Communication Protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

C. Manfaat Internet

     1. Menambah wawasan
          Ketersediaan milyaran informasi di dunia maya dapat menambah wawasan kita secara realtime seperti informasi olahraga, teknologi, pendidikan. Hanya perlu membuka search engine dan wawasan anda akan bertambah jika membacanya.

     2. Lebih Efisien
          Dengan internet tak perlu menggunakan koran, atau menunggu hingga pagi hari untuk mendapatkan informasi dari stasiun berita manapun. Cukup membuka koran online dan anda sudah mendapatkan informasi. Internet bukan hanya media yg murah tetapi juga sangat efisien

     3. Memudahkan komunikasi
          Diera yg sekarang ini berkomunikasi tidak lagi menggunakan surat melainkan fasilitas digital yang sudah terhubung dengan internet seperti berkomunikasi via email, via sosial media dan tentunya waktu yg digunakan sangat efisien

     4. Meningkatkan penguasaan bahasa asing
          Dunia pekerjaan saat ini menuntut para karyawan nya untuk dapat berbahasa inggris. Bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang wajib dikuasai dengan internet banyak sekali informasi yang disajikan dalam bentuk bahasa asing selain itu anda juga dapat menggunakan fasilitas Google yang diberi nama Google Translate.

     5. Mendorong kemandirian
          Orang yang mempunyai sifat kemandirian adalah orang yang mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi, sehingga jika ia penasaran ia akan selalu mencari informasi tersebut di internet hingga tercipta karakter kemandirian.

     6. Sarana pendidikan jarak jauh
          Internet juga tersedia perpustakaan online dan kemampuannya dalam membangun komunikasi yang interaktif memungkinkan setiap orang melkukan pendidikan jarak jauh

     7. Memudahkan Pekerjaan
          Pekerjaan yang sebelumnya terasa berat bisa menjadi ringan karena hadirnya internet. Contoh, jika Anda diperintahkan oleh direktur untuk memberikan sebuah data ke kantor lain, dan hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan surat elektronik di dunia maya atau biasa disebut dengan Email.

     8. Sebagai sarana hiburan
          Berbicara mengenai hiburan, sebenarnya sebuah hiburan bisa didapatkan bukan hanya di dunia nyata saja, di dunia maya pun bisa. Di internet, Anda bisa mendapatkan hiburan sesuai yang Anda mau, misalnya menonton sebuah video lucu, gambar yang menghibur, bermain game secara online, menyegarkan pikiran dengan mencari informasi menghibur, dan lain-lain.Untuk menjalankan bisnis

     9. Bisa untuk berbelanja
Belanja online adalah pilihan yang tepat, meski begitu Anda harus berhati-hati, perhatikan apakah penjualnya terpercaya dan barangnya terbukti berkualitas
D. Dampak Internet

   1. Keunggulan
  • Konektivitas dan jangkauan global sehingga pengiriman data dan informasi melampaui batas batas negara.
  • Akses 24 jam nonstop. Akses informasi internet tidak dibatasi waktu, karena dengan lingkup global, dunia maya dihadirkan tidak pernah tidur.
  • Kecepetan yang apabila di bandingkan dengan sumber lainnya jauh lebih cepat menggunakan internet karena internet bersifat real time.
  • Internet tidak harus menghadapi berbagai persoalan birokratis seperti izin dari berbagai instansi. Selain itu banyak sekali fitur yang dirancang dengan user friendly.
  • Internet dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Melalui perangkat smartphone maupun komputer dengan router atau modem yang dapat menyambungkan ke internet.
  • Biaya relatif murah untuk penggunaan internet.
  • Internet sangat interaktif dan fleksibel memudahkan orang menggunakannya.

   2. Kelemahan
  • Anonimitas yang sangat tinggi di internet. Seperti pengisian data dan penipuan sering terjadi di internet. Jangan mudah percaya dengan siapapun di Internet.
  • Banyak sekali informasi yang dapat kita cari dalam internet dan tidak semua informasi tersebut dibutuhkan oleh kita. Perlu pencarian khusus dan teknik khusu untuk mencari informasi terkait yang kita butuhkan.
  • Penyebaran virus melalui email atau program lain melalui jaringan internet.
  • Tidak semua informasi yang di dapatkan di internet adalah valid dan dapat kita jadikan sebuah acuan.
  • Ketergantungan pada jaringan telepon dan Internet Service Provider (ISP). Pemakain dan fasilitas internet berpengaruh terhadap biaya pemakaian Internet secara keseluruhan.


Sumber :




: Penjelasan dan Sejarah Internet di Dunia

Penjelasan dan Sejarah Internet di Dunia

Related Posts:

0 Response to "Penjelasan dan Sejarah Internet di Dunia"

Posting Komentar