Deepweb, Darknet dan Internet dalam pembahasan sehari sehari

Deepweb, Darknet dan Internet dalam pembahasan sehari sehari :

          Keseharian kita menggunakan barang barang elektronik tidak lepas dengan Internet. Internet atau biasa disebut dengan dunia maya itu sangat besar, sangat luas, dan sangat berpengaruh. Bisa dikatakan sangat besar karena tidak ada yang tau data pastinya jumlah file, folder, atau cache yang tersebar pada Internet. Ada miliaran situs, dan segala macamnya disana. Internet sangat berpengaruh pada kehidupan manusia, bayangkan 1 jam tanpa Internet atau Internet diseluruh dunia mati total. Kerugian yang akan ditimbulkan sangat lah besar, terlihat dari WallStreet, Central Bank, International Bank, lampu lalu lintas dan kamera pengawas selalu menggunakan Internet untuk pengiriman data secara realtime tersebut.
          Internet kependekan dari Interconnection Networking adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung secara global menggunakan sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol sebagai pertukaran paket untuk melayani pengguna diseluruh dunia. Rangkaian Internet yang besar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian tersebut dinamakan Internetworking.
          Jumlah pengguna internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya Internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna diseluruh dunia mempunyai akses Internet yang mudah atas bermacam macam Informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran(decentralization) / pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrem.
          Internet yang kita gunakan saat ini untuk mencari informasi seperti di Google, Yahoo, dan search engine lainnya hanyalah sekitar 0.03% saja dari keseluruhan data Internet pada mesin pencari standar. Didalam Internet terdapat Internet lainnya yang biasa disebut DeepWeb, DarkNet, Invisible Web atau Hidden Web, Undernet. Sebut saja Deepweb, masih merupakan bagian dari World Wide Web(WWW) tetapi tidak termasuk kedalam internet yang dapat di cari dengan mudah, situs pada Deepweb tidak terindeks pada mesin pencari web biasa di perlukan cara dan software khusus untuk mencari sebuah situs pada Deepweb. Lalu Deepweb berbeda dengan Darknet yang merupakan jaringan untuk menukarkan data, yang dapat digolongkan sebagai bagian kecil dari Deepweb. Darknet atau Dark Internet adalah sebuah jaringan Internet di dalam Internet yang diperlukan authorize khusus untuk memasuki jaringan tersebut. Kebanyakan Informasi yang kita cari saat ini merupakan sebagain kecil saja dari Internet, untuk pencarian Deepweb terkubur sangat dalam di situs yang dinamis dan mesin pencari web yang standar tidak akan dapat menemukannya. Halaman halaman tersebut dianggap tidak ada hingga mereka dibutuhkan pencarian secara spesifik. Sejak tahun 2001, Deepweb telah dinyatakan memiliki ukuran yang lebih besar dari web biasa.
          Ukuran Deepweb berdasarkan ekstrapolasi yang dilakukan oleh Universitas California Berkeley pada tahun 2001, memperkirakan bahwa Deepweb memiliki ukuran sekitar 7,5 petabita. Ukuran yang lebih akurat di sebutkan dalam penelitian yang dilakukan oleh He, et, al(2003) mendeteksi sekitar 300.000 situs Deepweb yang ada di seluruh Web pada tahun 2004 dan menurut Shestakov, sekitar 14.000 situs Deepweb berada pada bagian web Rusia pada tahun 2006.
          Istilah berselancar merupakan aktivitas pencarian di internet yang sedang berselancar dan untuk istilah ini berarti para pengguna Internet yang berselancar tidak masuk kedalam lautan dalam.  Dijelaskan bahwa website yang tampak hanya website yang mampu dilacak oleh mesin pencari Google, seperti situs Facebook, Youtube, Twitter, WordPress dan web terkenal lain seperti yang kita ketahui selama ini seperti situs-situs berita atau situs penjualan online seperti Amazon. Sedangkan ada website-website tersembunyi yang jumlahnya cukup banyak, diantaranya The Hidden Wiki atau Silk Road.
          Bahkan di Wikipedia diterangkan, meskinpun banyak website di deep web yang dianggap tidak berbahaya, akan tetapi beberapa jaksa serta lembaga pemerintah mengkhawatirkan deep web akan menjadi surga yang nyaman untuk para pelaku kr1minalitas di Internet.
          Oleh karena sifatnya yang tersebunyi atau biasa disebut anonim, maka sulit sekali mengukur dan memperkirakan bagaimana besarnya deep web ini. Deep web merupakan kumpulan informasi tersembunyi serta terkunci di dalam database.
          : Deepweb, Darknet dan Internet dalam pembahasan sehari sehari

Deepweb, Darknet dan Internet dalam pembahasan sehari sehari

Related Posts:

0 Response to "Deepweb, Darknet dan Internet dalam pembahasan sehari sehari"

Posting Komentar